Sabtu, 19 Juni 2010

PENGGANTI MID

1. A. sistem operasi merupakan Software/kumpulan program yang berisi perintah-perintah (command) dan bertindak sebagai interface (antar muka) antara user dengan komputer, sehingga komputer dapat bekerja sesuai dengan keinginan user.
SO mempunyai dua Fungsi utama, yaitu:
Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager):
Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer.
SO sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine):
SO menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai, sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan atau pemanfaatan sumber daya sistem komputer

\
B. contoh sistem operasi :
• Windows
• Linux
• Machintosh
2. Generasi Pertama (1940-1950-an)
o Sistem operasi ini hanya mampu menjalankan pekerjaan satu per satu, dengan mengumpulkan program dan data satu persatu (Singlestream Batch Processing Systems)
o Komponen utama komputer pada generasi ini berupa tabung hampa udara
o Semua operasi komputer dilakukan secara manual melalui plugboards, dan hanya bisa menghitung (+, - dan *).
Generasi Kedua (1960-an)
o Generasi kedua masih menggunakan prinsip Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, namun sudah dapat dilakukan dengan lebih baik pada resource komputer, dengan menjalankan beberapa tugas sekaligus (multiprogramming). Suatu konsep dimana beberapa pekerjaan diletakkan dalam memori utama sekaligus dan prosesor dapat berganti-ganti melakulan tugas sesuai kebutuhan untuk menjaga efisiensi waktu.
o Komponen utama komputer pada generasi ini berupa transistor, input memakai puch card.
3. PCB atau Proses Control Block adalah proses yang digunakan oleh SO untul merepresentasikan masing proses. PCB terdiri atas proses-proses.
4. A. Mutual Exclusion : Mutual Exclusion adalah jaminan hanya satu proses yang mengakses sumber daya pada suatu interval waktu tertentu. Terdapat sumber daya yang tidak dapat dipakai bersama pada saat bersamaan, seperti printer. Sumber daya seperti ini disebut sumber daya kritis. Bagian program yang mengguna kan sumber daya kritis disebut memasuki critical region/ section.
B. Deadlock : adalah proses tunggu dimana proses tersebut tidak pernah terjadi. Deadlock biasa juga disebut hang.
C. Stravation : situasi dimana proses-proses menunggu secara tidak tertentu dengan menggunakan semaphore. Semaphore adalah pendekatan dimana dua atau lebih dapat bekerjasama menggunakan penanda-penanda sederhana. Proses dipaksa berhenti sampai proses memperoleh penanda tertentu.
D. - Strategi preemtive : Strategi dimana apabila ada proses yang sedang dieksekusi oleh pemroses, proses tersebut dapat diambil alih oleh pemroses yang lainnya, atau dengan kata lain dapat di sela.
- Strategi Non Preemtive : Strategi dimana apabila ada proses yang sedang dieksekusi oleh pemroses, proses tersebut tidak dapat diambil alih oleh pemroses yang lainnya, atau dengan kata lain tidak dapat di sela.
E. Multiprocessing System :
F. Multiprogramming : adalah dapat menjalankan beberapa program / job, dimana program / job tersebut disimpan pada pool.




• Ready : Proses siap (ready) untuk dieksekusi. Tapi pemroses belum siap untuk mengeksekusi proses tersebut.
• Blocked : Proses menunggu kejadian untuk melengkapi tugasnya. Contoh:
o Proses menunggu:
o Selesainya operasi perangkat I/O
o Tersedianya memori
o Tersedianya pesan jawaban
o dsb.
• Running : Pemroses sedang mengeksekusi proses



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management